The Critical Section problem





Pengertian Critical Section

critical section adalah dengan mendesain sebuah protokol di mana proses-proses dapat menggunakannya secara bersama-sama. Setiap proses harus ‘meminta izin’ untuk memasuki critical section-nya. Bagian dari kode yang mengimplementasikan izin ini disebut entry section. Akhir dari critical section itu disebut exit section. Bagian kode selanjutnya disebut remainder section.
Struktur umum dari proses Pi yang memiliki segmen critical section adalah :
     do {
         entry section
         critical section  
         exit section  
         remainder section
         } while (1);

Solusi dari masalah critical section harus memenuhi tiga syarat berikut:

  • Mutual Exclusion. 


Jika suatu proses sedang menjalankan critical section-nya, maka proses-proses lain tidak dapat menjalankan critical section mereka. Dengan kata lain, tidak ada dua proses yang berada dicritical section pada saat yang bersamaan.

  • Terjadi kemajuan (progress). 

Jika tidak ada proses yang sedang menjalankan critical section-nya dan ada proses-proses lain yang ingin masuk ke critical section, maka hanya proses-proses yang yang sedang berada dalamentry section saja yang dapat berkompetisi untuk mengerjakan critical section.

  • Ada batas waktu tunggu (bounded waiting). 

Jika seandainya ada proses yang sedang menjalankan critical section, maka proses lain memiliki waktu tunggu yang ada batasnya untuk menjalankan critical section -nya, sehingga dapat dipastikan bahwa proses tersebut dapat mengakses critical section-nya (tidak mengalamistarvation: proses seolah-olah berhenti, menunggu request akses ke critical sectiondiperbolehkan).

untuk solusinya bisa dilihat disini :
http://intip.in/criticalsectionpdf

ini juga ada pptnya nih, barang kali ada yang mau presentasi:
http://intip.in/criticalsectionppt


kunjungi kampusku yuk :
is.its.ac.id

lihat juga ini Seminar Nasional Sistem Informasi :
sesindo.org
isico.ifo

Komentar

Postingan Populer