Jadi MANAJER belajar MO dulu..

    
      



         Manajemen adalah suatu bidang pengarahan yang berusaha memahami mengapa dan bagaimana orang bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan. Didalam menajemen pula kita dituntut untuk membuat keputusan-keputusan secara berkala.

          Organisasi adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan bersama. Dalam perwujudan dalam mencapai paling sedikit satu tujuan dalam sebuah organisasi maka diperlukan adanya sebuah manajemen.


         Maka dari itu perlu adanya sebuah mata kuliah yang bisa kita sebut Manajamen Organisasi. 


        
Ini merupakan hal-hal yang bisa diperoleh apabila kita mempelajari mata kuliah ini.

         Kenapa perlu adanya sebuah manajer dalam sebuah organisasi? Kenapa tidak semuanya saja yang bekerja bersama dan membagi ke setiap bagian dan nantinya akan disatukan kembali guna mencapai tujuan bersama tersebut? Karena dengan adanya manajer organisasi tersebut memiliki satu tujuan yang jelas di mana manajer akan menampung tujuan-tujuan dari setiap individu-individu yang terlibat di dalam sebuah organisasi.

          Siapa sebenarnya manajer itu? Seorang manajer adalah seorang yang terlibat di dalam sebuah organisasi yang membagi atau yang memerintahkan seseorang kedalam bagian tertentu dalam sebuah organisasi dan yang mengajarkan seseorang untuk bagaimana bekerja di bagian tersebut.

          Untuk menjadi seorang pemimpin organisasi ata manajer yang ideal haruslah seorang yang mempunyai kapabilitas dan profesionalitas agar dapat memimpin dengan manajemen dan sistem yang baik. Kapabilitas seperti apakah yang dimaksud untuk menajdi seorang manajer? kapabilitas terserbut yakni dalam wujud mampu memimpin organisasi tersebut hingga tujuan tersebut terpenuhi, mampu menjadi pemimpin yang bisa mengambil keputusan disetiap problematika dalam beroganisasi. 

          Distribusi kekuasaan yang secara berjenjang dan  penjenjangan organisasi, dari tingkat paling tinggi ke tingkat paling rendah . Masing-masing tingkat memiliki fungsi yang berbeda-beda namun terangkai dalam satu sistem jaringan organisasi yang saling melengkapi dan membutuhkan untuk mewujudkan tujuan organisasi secara bersama. Itu semua merupakan salah satu peran dari seorang manajer. 
          
          Lalu kenapa kita harus belajar manajemen seandainya kita belum terlibat di dalam sebuah organisasi? sederhana saja, jika seseorang beranggapan kalau dirinya belum bergabung dalam sebuah organisasi, kelak dia juga akan melibatkan dirinya dalam sebuah organisasi kenapa karena dalam hakikatnya manusia tidak akan pernah bisa hidup tanpa adanya interaksi atau kerjasama dengan orang lain. Mungkin secara tidak sadar orang tersebut akan terlibat dalam sebuah organisasi dan nantinya akan belajar manajemen. Manajemen merupakan kemampuan yang sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Didalam organisasi kita dipaksa untuk memanajemen sesuatu entah itu waktu, kerjaan ataupun kegiatan.

         Dalam menjalankan sebuah perusahaan bukan hanya seorang manajer saja yang sangat berperan penting, dalam sebuah perusahaan semua elemen yang terlibat sangatlah penting. Kita ambil contoh sebuah bagian pendistribusian barang dari sebuah perusahaan tertentu. Di dalam bagian tersebut , manajemen sangat dibutuhkan. Saat pendistribusian barang sebuah perusahaan memutuskan untuk mengambil jalur A dari pada mengambil jalur B dengan mempertimbangkan berbagai aspek, sehingga memperoleh keuntungan secara efektif dan efisien. Dengan begitu saja maka sudah didapatkan fungsi dari belajar manajemen.

          Semua elemen yang terlibat dalam organisasi masing-masing memiliki peranan penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam sebuah organisasi bukan hanya manajer saja yang bisa mengambil keputusan setiap orang itu berhak mengambil keputusan atas apa yang sudah dia pertanggung jawabkan dalam perannya di sebuah organisasi atau perusahaan.
    

wrtite by : Galih Khairulfalah S 5214100073



Komentar

Postingan Populer